Mengenal Macam-macam Bahan Kaos

Macam Macam Bahan Kaos

Pakaian adalah salah satu hal terpenting didalam kehidupan manusia. Pakaian menjadi kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh atau bertempat tinggal (rumah) yang berfungsi sebagai penutup tubuh kita. Seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian digunakan sebagai simbol kebudayaan atau adat istiadat masing-masing daerah.

Kini pakaian semakin berkembang dengan berbagai fungsi. Pakaian menjadi pelindung bagi tubuh kita dari hewan ataupun dari unsur-unsur yang merusak, seperti hujan, salju, angin, terik matahari, atau cuaca lainya.macam-macam bahan kaos

Dari berbagai macam jenis pakaian, yang sering kita jumpai adalah kaos. Kaos menjadi pilihan dari banyak orang. Kaos adalah pakaian yang simple dan mudah dipakai. Ada berbagai macam warna dan macam macam bahan kaos. Manusia mengembangkan ide kreatifitas mereka agar kaos yang tadinya polos menjadi memiliki corak gambar atau tulisan dengan cara di border ataupun di cetak.

Ada macam macam bahan kaos yang dapat di cetak. Berikut ini adalah macam-macam bahan kaos :

Katun combed

Pada saat mulai memilih kaos polos, Anda akan sering dihadapkan pada istilah Cotton Combed 20s, 24s, 30s, atau 40s. Arti dari angka tersebut yaitu, semakin kecil angkanya semakin tebal bahan kaos yang dimaksud.

Arti dari ā€˜sā€™ adalah singkatan dari single knit atau rajutan jarum tunggal. Jenis rajutan ini rapat, padat, kurang lentur. Selain single knit (s), juga ada double knit (d) atau rajutan jarum ganda, bahan dapat digunakan bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur, sehingga cocok digunakan untuk pakaian bayi dan anak-anak.

Katun carded

Berbeda dengan kain katun combed, kain katun carded tidak disisir pada proses finishing pembuatannya. Oleh karena itu masih terdapatserat-serat kapas halus yang tersisa. Tetapi meskipun begitu kain katun carded memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kain katun kombed.

Kain lacoste

Kaos bahan lacoste terbagi dua, lacoste PE dan lacoste cotton. Perbedaanya adalah dari sisi menyerap atau tidaknya terhadap keringat. Kelebihan dari lacoste cotton, selain dingin bahannya juga lebih lembut dibandingkan lacoste PE. Bahan lacoste juga sering dikenal atau digunakan oleh produk bernama Polo T-shirt.

Kain pique

Kain pique atau pike adalah jenis kain yang memiliki pori-pori. Kain pique biasanya terbuat dari bahan katun, polyester, atau kombinasi keduanya. Rata-rata jenis kain pique yang berbahan katun 100%, bisa susut kurang lebih 2 cm dari ukuran yang sebenarnya. Penyusutan kain hanya terjadi pada pencucian pertama kali.

Kain PE

Kain PE (Poly Ester) bahan dasarnya adalah benang polyester. Sama dengan katun, PE juga tersedia dalam bentuk bahan kaos oblong, jacoste, maupun pike. Untuk kain kaos yang berbahan dasar PE bentuk dan teksturnya hampir mirip dengan kain kaos yang berbahan dasar katun. Jika dibakar, baunya seperti plastik

About the author

admin

View all posts