Belajar Mengenal JENIS Dan MODEL KAOS POLOS

Belajar Mengenal JENIS Dan MODEL KAOS POLOS

Di era sekarang ini industri fashion sangat berkembang pesat di Indonesia. Banyak jenis dan model kaos polos yang setiap harinya di produksi dengan beragam varian warna menarik serta model kaos yang bervariatif, sehingga menjadikan kaos polos banyak diminati oleh semua kalangan. Tampil trendy dengan kaos polos memang menjadi daya tarik sendiri bagi semua orang saat ini, selain membawa kesan santai dan elegan, Kaos polos menjadikan seseorang yang menggunakannya nampak casual, rapi serta fashionable loh.

Mungkin diantara anda hanya mengenal model kaos polos yang sudah umum digunakan yaitu O-neck, tapi ternyata ada beberapa macam model kaos polos yang ada dipasaran. Maka dari itu, saya akan jelaskan beberapa model kaos polos? Berikut macam-macam model kaos polos untuk anda :

MACAM-MACAM MODEL KAOS POLOS

Macam-Macam Model Kaos Polos 

  1. T-shirt O-neck
    Sesuai namanya, kaos ini memiliki lubang leher berbentuk bundar. marupakan kaos yang paling lazim ditemui dan merupakan bentuk awal kaos sebelum mengalami banyak modifikasi.
  2. T-shirt V-neck
    Ya, bentuk lubang lehernya berbentuk V yang terdiri dari dua garis ribs yang bersudut di sekitar dada atas. Sudut pertemuannya bervariasi tergantung selera produsen.
  3. T-shirt U-neck
    Memiliki desain lubang leher perpaduan antara O-neck dan V-neck. Sedikit membulat namun tidak menyudut tajam seperti V-neck.
  4. T-shirt Y-neck
    Merupakan variasi dari lubang leher berbentuk V namun dikarenakan ada tambahan kancing seperti pada kaos kerah, maka bentuknya menyerupai huruf Y.
  5. Turtleneck
    Ya, diberi nama turtle alias kura-kura karena memang lubang lehernya memanjang persis seperti leher kura-kura.
  6. Kaos Raglan
    kaos ini berbeda dari segi sambungan tangan. Bila pada kaos konvensional sambungan tangannya berbentuk diagonal dari ketiak ke pundak luar, maka Kaos Raglan memiliki sambungan tangan miring. Yaitu dari ketiak langsung ke lubang leher. Sehingga pola tangannya lebih besar. Warna sambungan lengan dengan badan pun biasanya berbeda. Kaos raglan ini juga memiliki variasi pada lubang lehernya. Ada kaos raglan dengan leher O-neck maupun V-neck.
  7. Kaos berkerah (polo shirt)
    Merupakan kaos yang memiliki kerah dibagian lubang lehernya. Biasanya menggunakan bahan lacoste atau bahan kaos lain yang diseusaikan dengan rancangan dari produsennya.
    Bahan yang digunakan untuk kaos ini pun bervariasi tergantung inovasi dari produsennya. Selain penambahan corak atau desain pada kaos juga membantu produsen menarik minat konsumen untuk membeli dan menggunakan produk kaos polos yang mereka jual.

“Jenis kaos polos yang paling banyak diminati seperti apa…?” Jawabannya adalah Kaos Polos yang memiliki tekstur halus, lembut, dapat menyerap keringat dan yang pasti nyaman bagi pengguna. Jenis kaos polos sendiri ada beberapa macam, salah satunya dibawah ini :

Jenis-jenis Kaos Polos

  1. Cotton Bamboo
    Bahan kain bermaterial kapas dan serat bambu, memiliki tekstur yang halus, ringan, daya serap keringat lebih tinggi dibanding cotton combed, anti bakterial, bahannya adem banget jika dikenakan. Namun sayangnya, bahan bakunya sedikit lebih tipis dan mahal jika dibandingkan dengan cotton combed.
  2. 100% Cotton Carded
    Bahan  cotton carded memiliki beberapa jenis diantaranya: 20s, 24s dan lain sebagaianya. Bahan ini memiliki teksture yang kurang halus, dan kurang rata namun tetap nyaman jika dipakai karena terbuat dari serat kapas alam.  Biasanya banyak digunkaan untuk kaos kelas menengah, karena harga relatif bersahabat dibanding dengan cotton combed.
  3. 100% Cotton Combed
    Bahan cotton combed memiliki beberapa jenis diantaranya: 20s, 24s, 30s, & 40s. Semakin besar angkanaya semakin halus dan tipis bahannya, dan harga juga mengikuti kualitas. Untuk jenis kaos distro biasanya memakai 20s dan 30s. Bahan ini memiliki tekstur rajutan yang lebih halus, rata.
  4. Polyester dan PE
    Jenis ini terbuat dari serat sintetis. Dan sifat bahan ini tidak bisa menyerap keringat, agak kasar dan juga tipis. Sehingga kadang-kadang jika dikenakan terasa panas atau gerah.

Dari ke empat jenis bahan kaos polos diatas, ada 2 jenis bahan kaos polos yang kadang kita masih sering salah, antara jenis bahan cotton carded dan 100% cotton combed. Sebenarnya semua jenis bahan kaos polos diminati, tergantung keperluan dari masing-masing orang. Namun disini yang paling banyak peminatnya adalah jenis Cotton Carded dan 100% Cotton Combed.

Jika Dibandingkan, Lebih Bagus Mana Jenis 100% Cotton Carded Dan 100% Cotton Combed ?

100% Cotton Combed sebagai juaranya. Disini sedikit kami singgung tentang kelebihan dari keduanya, sehingga anda bisa membandingkannya, berikut jawabannya :

Karakteristik dari Cotton Carded
  • Terbuat dari 100% katun
  • Memiliki tingkat kerataan benang yang kurang baik
  • Cenderung menyusut saat dicuci
  • Biasanya digunakan untuk kaos promosi atau marchandise
  • Tersedia dalam ketebalan 20s, 24s, 30s . Jenis rajutan single atau jarum tunggal sehingga lebih rapat, padat dan kurang lentur
  • Cenderung berbulu karena masih ada sisa benang pendek
  • Kualitas bahan lebih rendah jika dibandingkan Cotton Combed
  • Memiliki kualitas yang baik
  • Harga cenderung sedang atau dibawah Cotton Combed
  • Nyaman saat digunakan karena tidak panas dan daya serap keringat baik
Karakteristik dari 100% Cotton Combed
  • Nyaman saat digunakan karena tidak panas dan lembut
  • Memiliki serat dan tekstur yang lebih halus daripada Cotton Carded
  • Biasanya digunakan untuk pembuatan kaos distro karena kualitasnya bagus dan mudah disablon
  • Kualitas bahan lebih tinggi jika dibandingkan Cotton Carded.
  • Harga relatif lebih mahal
  • Tekstur kain tidak berbulu, lebih kuat dan tidak mudah sobek
  • Memiliki kualitas yang sangat baik
  • Terbuat dari 100% katun
  • Memiliki daya serap keringat yang baik sehingga sangat cocok dikenakan di daerah tropis
  • Tingkat kerataan benang sangat baik karena jarang ada sambungan serat kapas
  • Tidak mudah menyusut saat dicuci
  • Tersedia dalam keteblan 20s, 24s, dan 30s , 40s yang menunjukkan tipe rajutan jarum tunggal yang rapat dan padat

Pengertian Kaos Polos Cotton Combed 20s, 30s, 24s dan 40s…?

  • Kaos cotton combed 20s : Bahan kaos sangat tebal sedikit kaku dan berat dibanding dengan 30s,24s atau 40s.
  • Kaos cotton combed 24s : Bahan kaos bisa dibilang paling standar diantara lainnya, kaos 24s memiliki tekstur yang tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.
  • Kaos cotton combed 30s : Memiliki serat yang halus, tidak terlalu tipis. Dan banyak para sabloners menggunakan kaos polos combed 30s untuk usahanya dibbidang sablon DTG.
  • Kaos Cotton combed 40s : jenis ini lembut dan sangat tipis sekali dibanding jenis lainnya.  

Dari penjelasan diatas itulah jenis dan model kaos polos yang banyak diminati, mudah-mudahan dapat menambah refrensi anda untuk memilih jenis dan model kaos yang terbaik. Terimakasih !!! ☺

About the author

admin

View all posts