8 Bahan Pakaian/ Kaos Yang Cocok Di Iklim Tropis

8 Bahan Pakaian / KAOS Yang Cocok Di Iklim Tropis

 

Berbicara tentang cuaca panas. Negara Indonesia adalah salah satu  negara yang memiliki iklim tropis. Dimana, untuk mengatasi cuaca panas tentu setiap orang harus cermat  dalam memilih jenis bahan pakaian / kaos santai yang cocok digunakan ketika cuaca panas tiba. Hal itu supaya pengguna merasa nyaman dan tidak gerah yang berkepanjangan.

Saat musim tropis , kulit memang  lebih sering mengeluarkan keringat . Maka dari itu pemilihan jenis bahan / material kaos perlu diketahui oleh semua orang. Agar penampilan kalian enak dipandang meskipun cuaca panas , tidak menimbulkan aroma badan yang tidak sedap dan munculnya noda membekas yang menempel pada pakaian / kaos yang kalian kenakan.

Jenis Bahan Pakaian/ Kaos Di Iklim Tropis

  1. Cotton combed

Jenis katun berbahan baku dasar “ serat kapas alami “ yang di proses secara khusus sebelum di putar di mesin pemintal. Jenis katun combed memiliki texture yang rata karena  serat benangnya yang halus dan lembut. Dengan mengenakan kaos polos / pakaian  jenis bahan ini, akan terasa ringan dan tidak panas saat dikenakan, texturenya tidak kasar , nyaman , sangat kuat, tidak mudah robek dan mudah menyerap keringat.

  1. Cotton carded

Jenis kain ini, memiliki sifat yang sedikit lebih kasar , tetapi masih nyaman bila dikenakan. Bahan cotton carded ini mampu menyerap keringat dengan baik, dingin bila dikenakan dan cocok sekali bila dikenakan saat musim panas tiba .

  1. Cotton Bamboo

Jenis katun berbahan baku dasar “ serat bamboo alami “. Bahan kain dari serat bambu juga sangat mudah terurai (degredable). Sangat ramah lingkungan karena tidak meninggalkan limbah yang sulit diurai oleh alam.Dengan mengenakan kaos / pakaian bahan ini pasti pengguna akan merasakkan kaos tersebut dingin dan nyaman.

  1. Cotton jersey

Katun jersey memiliki karakteristik yang lembut, stretch, nyaman dipakai karena bahannya yang dingin dan jatuh. Jenis bahan katun jersey ini sering digunakan para tailor ( penjahit) dalam proses pembuatan pakaian seperti gamis syar’i, rok , kaos dan juga jilbab.

  1. Cotton Jepang

Kaos polos cotton jepang adalah jenis katun yang terbuat dari 100% full cotton dan tidak ada campuran dari bahan sintetis lainnya. Cotton jepang memiliki texture permukaan kaos yang lebih halus. sangat nyaman, dingin, dan lembut ini biasanya digunakan konsumen untuk membuat suatu produk seperti kaos polos, busana muslimah, gamis, baju kerja, rok, mukenah dan lain sebagainya.

  1. Linen

Jenis bahan pakaian/ kaos linen terbuat dari olahan serat rami / termasuk kedalam golongan serat nabati yang terkuat bila disandingkan dengan jenis lainnya. bahan pakaian / kaos linen memiliki texture bahan yang halus, mengkilap, tidak mudah kotor dan tentunya bahan linen akan terasa sejuk saat dikenakan ketika musim panas tiba.

  1. Viscose

Jenis kain yang terbuat dari serat semi sintetis, karena bahan serat yang digunakan untuk membuat bahan viscose ini tidak benar-benar berasal dari bahan buatan / murni sintetis, melainkan berasal dari bahan alami, yakni hasil regenerasi selulosa yang berasal dari pulp kayu . bahan Viscose memiliki texture yang lembut jika bersentuhan dengan kulit, nyaman bila dikenakan, dan memiliki daya resap keringat yang baik

  1. Sutera

Jenis bahan sutra ini sering digunakan karena bahannya bisa melindungi bagian kulit manusia dari pancaran sinar matahari. Kandungan asam amino yang terdapat pada benang sutra menjadikan texture bahannya terasa lembut jika menyentuh kulit sehingga  mampu menyerap keringat dengan baik. cocok sekali digunakan pada daerah ber-iklim tropis seperti Indonesia.

Itulah jenis bahan kaos / pakaian yang cocok dikenakan saat musim panas tiba. Semoga refrensi diatas bermanfaat untuk pembaca ♥

About the author

admin

View all posts